Pengertian VBA (Visual Basic for Applications) Pada Powerpoint



VBA merupakan singkatan dari Visual Basic for Applications. VBA merupakan sebuah fungsi tambahan yang terdapat pada beberapa Program Microsoft office. Seperti pada Excel, Word, Powerpoint, dan Access.

Perlu diperhatikan bahwa, pengertian VBA yang saya sampaikan ini bukanlah definisi mutlak, definisi ini murni dari bahasa saya sendiri. Semoga bisa dipahami dengan baik.


VBA merupakan nama yang umum didengar. Namun, bagaimanakah penampakannya pada program-Program Microsoft office tersebut?. Jika kita membuka Powerpoint, kita tidak akan menemukan nama VBA tetapi kita akan menemukan nama Visual Basic.  Jadi, Visual Basic yang disematkan pada aplikasi inilah yang disebut Visual Basic for Applications (VBA).

Berdasarkan penjelasan di atas, saya dapat membuat sebuah pernyataan seperti berikut : VBA Powerpoint adalah fungsi VBA yang disematkan pada Aplikasi Microsoft Office Powerpoint.

Bagaimana tampilan VBA Powerpoint?. Seperti inilah penampakannya.

definisi vba powerpoint
Menu Visual Basic Powerpoint
Bagi orang yang awam tentang VBA, tentu tidak akan menemukan menu ini. VBA Powerpoint terdapat di Tab Developer. Sementara, Tab Developer sendiri secara defaultnya tidak ditampilkan. Oleh karena itu, bagi kita yang awam, jika ingin menemukan VBA Powerpoint, terlebih dahulu harus mengaktifkan Tab Developer.

Nah begitulah sedikit informasi sederhana tentang VBA Powerpoint. Selamat belajar VBA.

No comments: