Sobat Supervba, kali ini Supervba akan berbagi ice breaking lagi. Ice breakingnya berupa permainan dan pastinya seru buat anak-anak. Ice breaking mempunyai banyak manfaatnya. Begitu pula ice breaking yang Supervba sajikan ini. Ice breaking berikut bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan Matematika anak.
Ada 4 ice breaking guru yang akan Supervba paparkan metode permainannya. Ke-4 ice breaking tersebut adalah:
Baca juga:
Petunjuk:
Manfaat :
Petunjuk:
Petunjuk:
1. Siswa membentuk lingkaran kecil yang terdiri dari 4-5 orang.
2. Guru membagikan kertas kepada masing-masing siswa/pemain.
3. Guru menentukan Top Skor yang harus dicapai. Misalnya Top Skor 50 atau 100.
4. Guru menyiapkan sebuah pulpen atau pencil, sebuah tempat pulpen, dan sebuah dadu dengan mata dadu dari 1 sampai dengan 6. Tempat pulpen akan digunakan untuk mengocok dadu.
5. Guru menyampaikan aturan permainan kepada siswa.
7. Guru memberikan pensil pada pemain pertama.
8. Guru memberikan kesempatan pada pemain pertama untuk mengocok dadu.
9. Siswa terus bermain dengan mengikuti aturan di atas.
10. Siswa yang berhasil meraih Top Skor menjadi pemenangnya.
Manfaat:
Petunjuk :
Manfaat:
Rekomendasi Ice Breaking:
Ada 4 ice breaking guru yang akan Supervba paparkan metode permainannya. Ke-4 ice breaking tersebut adalah:
- Tembak Kali
- Penjumlahan Berantai
- Top Skor
- Tepuk KB (Kelipatan Bilangan)
Baca juga:
Ice breaking Guru menggunakan permainan untuk meningkatkan kemampuan Matematika
Supaya lebih jelas, berikut uraian 4 ice breaking guru di atas.1. Tembak Kali
Tujuan permainan : Siswa bisa menghapal perkalian 1 sampai dengan 10Petunjuk:
- Siswa membentuk lingkaran kecil.
- Guru berdiri di tengah lingkaran.
- Guru menentukan perkalian apa yang akan dimainkan, misalnya perkalian 4.
- Guru menembak salah satu siswa dengan menggunakan angka 1 sampai dengan 10. Misalnya guru mengucapkan "Tembak 6" atau "Tembak 8" dan seterusnya. Kata Tembak dapat diganti dengan kata Dor supaya lebih seru.
- Siswa yang ditembak dengan ucapan "tembak 6" harus membalas tembakan dengan menjawab hasil perkalian 6 x 4. Siswa yang ditembak dengan Tembak 8 harus menjawab dengan hasil dari 8 x 4.
- Siswa yang memberikan jawaban yang benar akan lanjut bermain. Sebaliknya, siswa yang salah bisa keluar dari lingkaran permainan. Sebagai variasi, siswa yang salah bisa diberi hukuman. Tentunya hukuman yang tidak memberatkan siswa.
Manfaat :
- Siswa bisa menghapal perkalian 1 sampai dengan 10.
- Melatih konsentrasi siswa.
- Meningkatkan motivasi belajar siswa.
2. Penjumlahan Berantai
Tujuan : Siswa dapat melakukan penjumlahan pada banyak bilangan.Petunjuk:
- Siswa membentuk lingkaran kecil yang terdiri dari 3-5 orang.
- Siswa diminta berhitung terlebih dahulu untuk menentukan siapa siswa dengan nomor paling akhir/besar.
- Siswa pun mulai menyebutkan 1 buah bilangan.
- Siswa yang mendapat hitungan/nomor paling akhir harus menjumlahkan semua bilangan yang disebutkan oleh siswa-siwa yang lain.
- Siswa dapat melakukan penjumlahan pada banyak bilangan.
- Melatih konsentrasi siswa.
- Meningkatkan motivasi belajar siswa.
3. Top Skor
Tujuan : Siswa dapat melakukan penjumlahan dengan benarPetunjuk:
1. Siswa membentuk lingkaran kecil yang terdiri dari 4-5 orang.
2. Guru membagikan kertas kepada masing-masing siswa/pemain.
3. Guru menentukan Top Skor yang harus dicapai. Misalnya Top Skor 50 atau 100.
4. Guru menyiapkan sebuah pulpen atau pencil, sebuah tempat pulpen, dan sebuah dadu dengan mata dadu dari 1 sampai dengan 6. Tempat pulpen akan digunakan untuk mengocok dadu.
5. Guru menyampaikan aturan permainan kepada siswa.
- Jika keluar mata dadu 3 maka kertas akan ditukar dengan siswa lain dengan cara diputar searah jarum jam.
- Jika keluar mata dadu 6 maka siswa tersebut berhak mengambil pensil dari siswa/pemain lain.
7. Guru memberikan pensil pada pemain pertama.
8. Guru memberikan kesempatan pada pemain pertama untuk mengocok dadu.
9. Siswa terus bermain dengan mengikuti aturan di atas.
10. Siswa yang berhasil meraih Top Skor menjadi pemenangnya.
Manfaat:
- Siswa dapat melakukan penjumlahan dengan benar.
- Melatih konsentrasi siswa.
- Meningkatkan motivasi belajar siswa.
4. Tepuk KB (Kelipatan Bilangan)
Tujuan : Siswa dapat menyebutkan kelipatan bilangan dengan benar.Petunjuk :
- Siswa membentuk lingkaran besar.
- Guru mengingatkan siswa tentang kelipatan bilangan.
- Guru menentukan kelipatan berapa yang akan dimainkan, misalnya kelipatan 3.
- Guru menjelaskan aturan permainan.
- Siswa yang mendapat bagian untuk menyebutkan kelipatan 3 misalnya 3,6,9,12,... dan seterusnya harus bertepuk dan diam/tutup mulut.
- Siswa yang salah melakukan tepuk akan dikeluarkan dari permainan atau mendapat hukuman yang sudah disepakati.
Manfaat:
- Siswa dapat menyebutkan kelipatan bilangan dengan benar.
- Melatih konsentrasi siswa.
- Meningkatkan motivasi belajar siswa.
Rekomendasi Ice Breaking: