Belajar Matematika Dengan Game Bingo

loading...
Bingo!!! (dalam Bahasa Indonesia terdengar sebagai Binggo), begitulah teriakan dari setiap pemain yang berhasil menyelesaikan Game Bingo. Pasti ada rasa kepuasan saat meneriakkan Bingo ketika bermain bersama pemain lain.

Game Bingo merupakan game yang sudah sangat familiar. Sehingga tidak sulit menemukan Game Bingo, bahkan di aplikasi Playstore android sekalipun.  Kali ini saya akan menjelaskan tentang Game Bingo berdasarkan pengetahuan dan pemahaman saya.

Pada permainan klasiknya, Game Bingo membutuhkan papan Bingo, bidak dan seorang pemanggil. Pada papan Bingo terdapat Kata “BINGO”. Pada setiap kolom Huruf “BINGO” terdapat bilangan-bilangan yang sudah diacak sedemikian rupa. Pada bagian tengah kotak terdapat kotak “BEBAS” (FREE) dimana kotak ini tidak perlu ditutup dengan bidak.

Bidak digunakan untuk menutup bilangan pada papan (kartu) Bingo. Selain menggunakan bidak, pemain juga bisa menggunakan cara lain seperti menyilang atau melingkari bilangan tersebut.

kotak game bingo
Kotak Free

Seorang pemanggil dibutuhkan untuk memberitahukan kombinasi huruf dengan bilangan yang harus ditutup dengan bidak. Misal pemanggil menyatakan kombinasi (B,12) maka pemain harus menutup bilangan 12 pada kolom B dengan bidaknya sesaat pemanggil selesai membacakan kombinasi tersebut. Pada permainan ini dituntut konsentrasi karena waktu terus berjalan dan pemanggil tidak akan mengulangi pernyataannya. Untuk permainan game Bingo klasik akan saya bahas pada postingan berikutnya.

Apakah Game Bingo bisa digunakan untuk pembelajaran di sekolah? Jawabnya, tentu saja bisa. Saya sudah menerapkan game Bingo pada Mata Pelajaran Matematika.  Berikut saya berikut contohnya. Selanjutnya terserah bagaimana kreasi dari para pembaca sekalian.

Pada contoh Game Bingo yang akan saya bagikan kali ini, pemain harus membuat 2 (dua) buah garis pada masing-masing papan Bingo dengan cara melingkari bilangan-bilangan yang dimaksudkan. Untuk melingkari bilangan, pemain harus menjawab soal-soal yang disediakan. Ada 50 soal yang disediakan, tentu saja tidak semua harus dijawab. Pemain hanya harus menjawab soal-soal yang bisa membuatnya memperoleh Bingo secepat mungkin. Namun, karena Game Bingo ini bertujuan untuk pembelajaran maka setelah siswa mendapatkan Bingo, saya pun meminta mereka untuk menjawab semua soal tersebut.

papan game bingo
Papan Game Bingo
papan game bingo
Papan Game Bingo

Game Bingo hanya salah satu dari sekian game pembelajaran yang bisa digunakan di sekolah. Namun tujuan akhirnya sama yaitu membuat pembelajaran menjadi menarik, menyenangkan dan efektif. Contoh Game Bingo di atas bisa menjadi soal evaluasi untuk pembelajaran Matematika di sekolah. Untuk diketahui bahwa Game Bingo juga dapat dimainkan secara daring (dalam jaringan) menggunakan komputer yang terkoneksi dengan internet.

Berikut saya sudah sediakan file Wordnya buat agan-agan semua. Silahkan disedot aja langsung ya biar tambah jelas....


Nah begitulah postingan kali ini, semoga bermanfaat. Silahkan ikuti informasi perkembangan blog kami melalui fanspage facebook kami di Supervba.

2 comments:

  1. mas klo end show kode vbanya apa. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. berikut script-nya:
      Sub keluar()
      ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Exit
      End Sub

      Nama Sub() bisa diganti,,,Semoga berhasil.

      Delete