Program Pendeteksi Bilangan Prima Dengan VBA Powerpoint

Program Pendeteksi Bilangan Prima Dengan VBA Powerpoint

Bilangan Prima merupakan bilangan unik dari berbagai macam bilangan yang kita pelajari dalam ilmu Matematika. Apa syarat sebuah bilangan itu merupakan Bilangan Prima?. Syarat sebuah bilangan itu bilangan prima adalah jika bilangan itu hanya dapat dibagi oleh dirinya sendiri dan 1. Sebaliknya , bilangan itu bukan bilangan prima.

Bilangan Prima

Bilangan prima jumlahnya tak terhingga. Anggota bilangan prima berawal dari 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, ...dan seterusnya. Dari anggota bilangan prima di atas, jelas bahwa kelipatan dari masing-masing bilangan tersebut bukan merupakan bilangan prima. Misalnya, kelipatan 2 yaitu 4,6,8,10, dan seterusnya itu bukan bilangan prima.

Kali ini, Supervba menyediakan cara cepat menentukan apakah bilangan itu bilangan prima atau tidak. Ya, kita akan menggunakan sebuah program sederhana yang dibuat menggunakan flatform microsoft office yaitu VBA Powerpoint.

program pendeteksi bilangan prima dengan vba

Unduhan

Untuk mendapatkan program pendeteksi bilangan prima ini, silahkan lihat di bagian berikut.

Nama File : Supervba - Program Pendeteksi Bilangan Prima

Password VBA Project : superwaw


Bagaimana cara memakai program sederhana ini?. Setelah kita membukanya di Powerpoint, silahkan ke slide2. Kemudian klik sebuah commandbutton ‘Mulai’ untuk menampilkan program tersebut. Lalu isikan bilangan yang akan kita uji, akhirnya klik tombol ‘find’ untuk melakukan pendeteksian. Selamat, kita sudah berhasil mendeteksi bilangan itu prima atau tidak dengan cepat.

Cara Membuat Program Pendeteksi Bilangan Prima

Untuk anda yang mau belajar membuatnya, silahkan baca dahulu tentang Userform, cara menambahkan objek ke userform dan video cara menambahkan objek ke userform. Selanjutnya, berikut ringkasan cara membuatnya dengan persepsi anda sudah mengerti tentang penggunaan userform. Langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

1. Buatlah sebuah Userform1. Atur tampilannya seperti gambar di atas. Sesuaikan dengan selera kita masing-masing.

2. Klik kanan pada Userform1>>View Code. Tambahkan kode VBA Powerpoint ini di dalamnya.

Dim P, Q As Long
Dim tag As String

Private Sub Cmdbersih_Click()
TextBox1.Text = ""
TextBox1.SetFocus
End Sub

Private Sub Cmdcari_Click()
On Error Resume Next
P = Val(TextBox1.Text)
Select Case P
Case Is < 2
MsgBox P & " bukan bilangan prima"
Case Is = 2
MsgBox P & " bilangan prima"
Case Is > 2
Q = 2
Do
If P Mod Q = 0 Then
MsgBox P & " bukan bilangan prima"
tag = "Bukan Prima"
Exit Do
End If
Q = Q + 1
Loop While Q <= P - 1

If tag <> "Bukan Prima" Then
MsgBox P & " bilangan prima"
End If
End Select
End Sub

Private Sub Cmdexit_Click()
Unload Me
End Sub

3. Nama CommandButton. Selanjutnya, klik pada UserForm1>>View Object untuk menampilkan UserForm1. Ubah nama dan caption dari comandbutton. Contoh seperti ini.

program pendeteksi bilangan prima dengan vba

Commandbutton ini memiliki caption ‘find’ dan nama ‘Cmdcari’. Caption merupakan teks yang tidak mempengaruhi kode. Caption ini merupakan teks yang ditampilkan oleh commandbutton supaya kita mudah mengenalinya. Sedangkan nama (name) merupakan nama unik commandbutton yang mempengaruhi kode. Jika nama commandbutton tidak sesuai dengan kode, bisa dipastikan kode vba yang terkait commandbutton itu tidak berfungsi.

4. Tombol pemanggil Program. Sekarang silahkan kembali ke slide Powerpoint contohnya pada slide2. Tambahkan sebuah commandbutton dengan nama caption ‘Mulai’. Double klik pada comandbutton tersebut, tambahkan kode VBA berikut di dalamnya.

Private Sub CommandButton1_Click()
UserForm1.Show
End Sub

Nah, itulah program pendeteksi bilangan Prima beserta cara membuatnya menggunakan VBA Powerpoint. Silahkan dicoba. Semoga postingan kali ini bermanfaat. Ikuti informasi perkembangan blog kami melalui fanspage facebook kami di Supervba.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences...