Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Tips Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi


Tips Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi
Ilustrasi : Teknologi

Oleh : Budi Iswanto (Guru PJOK SD PT Pasangkayu)

Saat ini teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat berkembang begitu pesat. Hampir di segala aspek kehidupan manusia telah menggunakan media digital yang digunakan untuk memperlancar dan memudahkan aktifitas. Peran TIK dalam berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan tidak dapat dipungkiri lagi. Perangkat teknologi seperti komputer, gadget seluler, dan internet sangat penting dalam mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah.

Tips Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi 

Saat ini permasalahan yang muncul di setiap sekolah adalah rendahnya penggunaan tekologi informasi yang disebabkan bukan hanya dari sisi infrastruktur internet yang belum merata, tapi juga dari tenaga pengajar yang belum mengerti tentang teknologi. Tidak semua tenaga Pendidik mampu dalam memanfaatkan penggunaan teknologi. Disamping itu belum lagi sebagian guru masih belum mampu menampilkannya kepada peserta didik. Ketika guru tidak mengerti menggunakan teknologi, maka guru itu menjadi malas menggunakan teknologi tersebut. 

Ketidakmampuan tersebut antara lain disebabkan oleh sebagian besar guru lahir sebelum maraknya penggunaan teknologi, bahkan oleh sebagian guru itu dianggap sesuatu yang baru dan sama sekali belum mengetahuinya. Maka dari itu dibutuhkan usaha yang kuat untuk memotivasi diri agar seorang guru dipacu untuk belajar agar tidak ketinggalan informasi teknologi yang baru. Dan seorang guru diharapkan dapat menggunakan pemanfaatan teknologi untuk memprlancar dan memudahkan dalam mendukung proses pembelajaran di Sekolah.

5 Tips Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi 

Berikut ini tips untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran di sekolah.
1. Pemasangan wifi gratis di sekolah 
2. Kepala sekolah memasukkan aspek penggunaan teknologi dalam supervisi guru. 
3. Mengadakan diskusi santai mengenai teknologi.
4. Mengadakan berbagai pelatihan tentang teknologi seperti media ajar berbasis power point, edit video, google form, youtube, email, membuat cd pembelajaran, dan lain-lain.
5. Mengadakan lomba media pembelajaran interaktif di sekolah.

Demikian, semoga bermanfaat.

Sumber Gambar : luvmybry dari Pixabay

Penulis : Budi Iswanto (Guru PJOK SD PT Pasangkayu)
Editor : Arya WB
Dipublikasikan oleh : Arya WB
Share :

Belum ada komentar untuk "5 Tips Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi "