Pindah domain blog dari blogspot ke com terbaru 2018

Pindah domain blog dari blogspot ke com terbaru 2018

Domain blogspot adalah domain yang dihasilkan ketika kamu membuat sebuah blog dari Platform Blogger. Nama domain blogspot ada yang berakhiran blogspot.co.id dan ada juga berakhiran blogspot.com. Beragam alasan orang untuk berpindah dari domain blogspot ke domain lain misalnya domain com.
Pindah domain blog dari blogspot ke com terbaru
Beberapa alasan orang pindah dari domain blogspot ke domain com adalah.
  • Ingin punya nama domain yang pendek.
  • Ingin punya nama domain yang lebih profesional.
  • Ingin cepat diterima oleh pihak pengiklan seperti Google Adsense.
  • Ingin mendapat akun non hosted Adsense.
Domain com hanya sebagian dari puluhan domain yang tersedia. Domain lain yang bisa dipilih seperti .net, .id, .org, dan lainnya. Domain .com termasuk ke kategori domain TLD (top level domain).

Cara Pindah domain blog dari blogspot ke com atau domain TLD lainnya

Untuk berpindah domain dari domain blogspot ke domain baru berkelas TLD kamu bisa memesan pada penyedia layanan domain dan hosting. Contoh perusahaan penyedia layanan domain dan hosting yang ada di Indonesia seperti Domainesia, Niagahoster, Idwebhost, Rumahweb, Dewaweb, Juraganhosting, dan lainnya. Setiap perusahaan tersebut memiliki harga berbeda-beda. Sehingga sebelum memesan sebaiknya dipelajari dulu spesifikasi harga dan jenis layanan apa saja yang ditawarkan.

Biasanya para penyedia layanan tersebut menyediakan layanan hosting dan domain. Jika kamu ingin punya website dan bukan sekedar blog yah sebaiknya memesan hosting dan domain sekaligus. Namun jika budget hanya cukup untuk blog ya bisa memesan domain saja. Saat memesan domain kamu akan mendapat beberapa penawaran seperti hosting, biaya perlindungan privasi Whois dan biaya pembuatan email khusus. Saya biasanya hanya mengambil penawaran perlindungan privasi Whois saja. Kamu dapat sesuaikan dengan budget masing-masing.


Baca jugaCukup 1 kode HTML, begini cara pasang 3 iklan adsense di tengah postingan blog atau lebih


Selain itu, kamu juga akan kena pajak penghasilan sebesar 10%. Kembali lagi bahwa setiap penawaran tersebut berbeda-beda besarannya pada masing-masing penyedia layanan domain dan hosting. Nah tentu semua hal itu perlu menjadi pertimbangan untuk memilih jenis domain TLD dan penyedia layanannya.

Pada bulan Mei ini saya kembali memesan domain com untuk teman saya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara pindah domain blog dari blogspot ke com yang saya lakukan. Untuk kesekian kalinya saya menggunakan jasa hosing dan domain dari rumahweb. untuk itu saya akan mencontohkan cara Pindah domain blog dari blogspot ke com menggunakan halaman client area rumahweb.

Langkah-langkah pindah domain blog dari blogspot ke com


1. Buka dashboard blogger. Dari daftar blog, pilih blog yang akan dipindahkan domainnya ke .com.

2. Buka menu Setelan (Setting) > dasar > alamat blog. Klik pilihan Siapkan URL ke-3 untuk blog anda.

3. Pada kolom URL yang disediakan, tuliskan nama domain .com yang baru. Nama URL dapat diawali dengan www. sebelum nama domain baru. Kemudian klik menu Simpan.



Kamu akan mendapat pesan kesalahan yang mengatakan bahwa kami tidak dapat memverifikasi otoritas anda untuk domain ini, kesalahan 9. Abaikan saja pesan ini namun jangan menutup halaman ini. Biarkan saja halaman tadi tetap terbuka dulu. Selanjutkan masuk (login) ke dashboard Penyedia layanan Domain baru kamu.


Baca jugaLebih aman, aktifkan setelan HTTPS blog untuk domain kustom


4. Saya contohkan menggunakan dashboard (client area) dari rumahweb. Setelah login, pilih menu Domain > List Domain Saya.

5. Langkah pertama, Update Name Server.

Klik tanda panah ke bawah di samping kanan nama domain com baru yang akan digunakan. Pilih Update Nameservers. Untuk menghindari kesalahan konfigurasi nama server, buka email masuk dari penyedia layanan domain dalam hal ini rumahweb. Pada email tersebut sudah dicantumkan nama-nama server yang akan digunakan. Sesuaikan atau cocokkan dengan nama-nama server tersebut.



Jika kamu membuka halaman petunjuk konfigurasi rumahweb di halaman resminya maka nama-nama servernya sudah tidak sama. Nah, untuk mengefektifkan konfigurasi sebaiknya mengikuti setelan nama server domain yang ada pada email karena itu sudah diperbarui.

Jika ada perbedaan dengan tampilan pada halaman tersebut, kamu dapat menggantinya. Jika sudah selesai maka klik Update Nameservers. Namun jika sudah selesai maka kamu tidak perlu melakukan apapun lagi.


6. Pada halaman Nameservers, klik menu DNS Management yang ada di samping kiri.

Pada halaman DNS Management, kamu akan melihat pesan bahwa domain kamu belum terdaftar di sistem, untuk memulai klik tombol START. Langsung saja klik tombol START sampai tombol START tidak ada lagi. Selanjutnya klik tombol UPDATE. Proses ini sudah mengaktifkan fungsi Management DNS dan Domain DNS Nameservers.



7. Pada halaman Manage DNS berikutnya, saatnya melakukan perekaman (record) IP hostname. Pertama membuat A record. Isilah setiap kolom dengan cara berikut.


Domain  name    = kosongkan saja
TTL        = 14400
Record Type   = A
Hostname    = 216.239.32.21

Jika sudah selesai mengisi klik tombol Add Record.


Ulangi langkah di atas sebanyak 3x dengan memasukkan IP or Hostname berikut.


  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21 dan
  • 216.239.38.21

Record type pada rumahweb ini ada beberapa format yaitu A, AAAA, CNAME, MX, NS, SRV, dan TXT.


Baca jugaCara tepat memasang Artikel Terkait dalam postingan blog untuk meningkatkan pengunjung blog


8. Menambahkan CNAME record.
Setelah 4 A Record ditambahkan, selanjutnya menambahkan CNAME record. Informasi CNAME dapat dilihat di halaman Blogger sebelumnya. Perhatikan contoh penambahan CNAME pada gambar berikut.

CNAME 1


CNAME 2


Jika sudah selesai mengisi klik tombol Add Record. Pengaturan DNS domain di halaman rumahweb sudah selesai di sini.

9. Buka halaman Blogger sebelumnya, klik menu Simpan.

Biasanya tidak terjadi apa-apa saat di-klik pertama kali. Kalau kurang yakin kamu bisa klik 1x lagi. Pada klik yang kedua pun masih belum terjadi apapun. Nah, kamu hanya perlu menunggu karena proses propagasi sedang berlangsung. Pada halaman resmi rumahweb dinyatakan bahwa propagasi bisa berlangsung selama 1-24 jam.

Selama proses propagasi sebaiknya kamu tidak menutup halaman Blogger tersebut karena dalam waktu singkat propagasi sudah selesai. Pada proses Pindah domain blog dari blogspot ke com di rumahweb ini, propagasi hanya berlangsung selama 5-10 menit saja.

10. Jika proses propagasi sudah selesai, klik menu Edit > Centang kotak Alihkan domain.com ke www.domain.com. Kemudian klik menu Simpan.



Semua proses Pindah domain blog dari blogspot ke com sudah selesai. Untuk meyakinkan kamu bahwa proses berjalan lancar, langsung saja lihat blog kamu sekarang.


Baca jugaCara Memasang Iklan In-feed Ads Di Blog


Pada tahun 2015 saya melakukan konfigurasi terhadap blog Supervba, saya harus menunggu hingga 48 jam (2 hari) untuk melihat hasilnya. Namun kini jika semua langkah di atas dilakukan dengan benar maka hasilnya langsung dapat dicek. Nah jika dalam melakukan Pindah domain blog dari blogspot ke com khususnya di rumahweb, kamu bisa menghubungi bagian CS (customer service) untuk diteruskan ke bagian teknisi jika dalam beberapa hari domain baru kamu belum juga aktif atau kamu mengalami kendala. Alhamdulillah pihak rumahweb sangat tanggap terhadap konsumennya.

Untuk konfigurasi pindah domain blog dari blogspot ke domain com pada penyedia layanan yang lain saya kurang tahu karena belum pernah pakai jasa mereka. Jika kamu punya pendapat/saran bisa dibagi di kolom komentar supaya kita sama-sama belajar.

Saat domain baru sudah aktif maka alamat URL masih menggunakan HTTP. Sedangkan sekarang semua blog begitupun blogspot sudah menggunakan HTTPS. Kalau sudah ada pesan pada dashboard Blogger bahwa setelah https untuk domain custom sudah tersedia maka segera pindah saja ke setelan https. Kamu juga bisa cek langsung ketersediaan setelan https pada menu setelan. Lebih lanjut bisa baca DI LINK INI.

Begitulah informasi sederhana tentang pindah domain blog dari blogspot ke com. Semoga ada manfaatnya buat kamu. Terima kasih untuk kebersamaannya.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.