Lebih aman, aktifkan setelan HTTPS blog untuk domain kustom

Apa itu https?. Istilah https ini dapat ditemukan pada alamat URL situs/web yang sedang kita kunjungi. Saat ini situs Supervba sudah menerapkan setelan https. Contoh alamat situs yang sudah menerapkan setelan https adalah https://www.supervba.com/. Suatu situs/web dapat menggunakan alamat URL berupa http atau https. Apa beda http dengan https?.

Istilah http merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Sedangkan https singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Https merupakan versi yang lebih aman dari http.

Apakah perlu mengaktifkan setelan https untuk situs/web?. Selain melihat fungsi https untuk keamanan data situs/web, saat ini mesin pencari Google lebih memperhatikan blog/situs/web yang menggunakan protocol https. Tentu ini akan mempengaruhi peringkat blog/situs/web kita di mata Google. Selain itu, bagi para pengguna Adsense, Google Adsense juga akan mengingatkan kita untuk beralih ke https karena dipercaya dapat meningkatkan penghasilan. Dengan menggunakan setelan https, tingkat kepercayaan pengunjung/pembaca akan meningkat.


Baca juga11 keyword rahasia Google yang belum ditahu banyak orang


Aktifkan setelan HTTPS blog untuk domain kustom

Setelan https untuk domain kustom tidak tersedia otomatis. Berbeda dengan blog yang masih menggunakan domain gratis seperti blogspot. Domain blogspot misalnya sudah otomatis menggunakan setelah https pada alamat situsnya. Untuk itu jika kita menggunakan domain kustom (.com, .net, .id, dan sebagainya), kita perlu mengkonfigurasi secara manual dengan melakukan pengalihan alamat situs dari http ke https.

Nah berikut cara mengalihkan setelah http menjadi https di situs dengan flatform Blogger.

Pemeriksaan ketersediaan HTTPS

Buka setelan dasar di dashboard blogger. Pada menu ketersediaan HTTPS, klik ikon panah ke bawah, ganti pilihan dari Tidak menjadi Ya.

Kita perlu menunggu beberapa menit karena sistem sedang melakukan pemeriksaan ketersediaan setelan https untuk alamat situs. Kita akan melihat beberapa pesan terkait ketersediaan https dan pengalihan https. Pengalihan https tidak bisa dilakukan jika https tidak tersedia untuk situs kita. Setlah opsi Ketersediaan HTTPS menjadi Ya maka semua pesan tadi akan hilang secara otomatis.


Baca jugaCara tepat memasang Artikel Terkait dalam postingan blog untuk meningkatkan pengunjung blog

Pengalihan HTTPS

Setelah menunggu sekitar 20-30 menit, cek kembali halaman setelan dasar blog. Kalau opsi ketersediaan https telah menjadi Ya, selanjutnya melakukan pengalihan https.

Pada opsi Pengalihan Https, ubah pilihan dari Tidak menjadi Ya. Setelah tahap ini dilakukan, blog/situs kita sudah berhasil menggunakan setelan https.



Untuk memastikan tahapan di atas berhasil, kita coba lihat alamat baru URL blog/situs/web kita. Jika berhasil, alamat URL sudah berubah dengan format https://namadomain.

https blog supervba
Begitulah informasi tentang mengamankan data situs dengan mengaktifkan setelan https pada blog/situs. Bila ada kekurangan, mohon simpan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

No comments: