Cara pesan tiket pesawat promo secara online

Horee!!! Liburan sekolah telah tiba. Liburan sekolah dimulai pada Hari Senin, 18 Desember 2017. Liburan sekolah berlangsung selama 2 minggu. Masuk sekolah kembali pada tanggal 2 Januari 2018. Liburan sekolah merupakan agenda rutin setiap semester.

Bagi kawan yang akan liburan di luar daerah dan memerlukan moda transportasi udara, kali ini admin ingin membagikan cara booking/pesan tiket pesawat. Untuk pembelian tiket pesawat ada beberapa cara seperti pemesanan online dengan hp/komputer dan pemesanan di agen tiket termasuk pesan langsung di agen maskapai yang ada di bandara. Bagi admin, pesan tiket atau biasa disebut booking ini lebih praktis secara online. Selain itu, kita bisa dapat tiket pesawat promo. Untuk booking/pesan tiket secara online bisa menggunakan situs-situs terpercaya seperti Traveloka.

Akhir-akhir ini, banyak bermunculan agen tiket online selain Traveloka. Agen-agen tiket ini seperti Tiket.com, Airy, dan NusaTrip.com. Baik agen tiket Traveloka, Tiket.com maupun Airy Rooms dan NusaTrip.com sudah ada aplikasinya di Playstore. Jadi, pesan tiket pesawat online bisa pakai hp.


Cara pesan tiket pesawat secara online di Traveloka

Untuk pesan tiket pesawat, admin selama ini pesan di Traveloka. Untuk itu kali ini admin ingin memberi contoh cara pesan tiket secara online. Salah satunya pesan tiket pesawat di Traveloka. Nah, inilah cara pesan tiket pesawat di Traveloka.

1. Bukalah halaman situs Traveloka. Pada halaman utama Traveloka, klik opsi Tiket Pesawat. Kalau anda sudah punya akun di Traveloka, sebaiknya anda pesan tiket menggunakan akun anda supaya dapat penawaran maupun penambahan poin dari Pihak Traveloka. Jika belum punya, anda bisa daftar menggunakan email atau nomor handphone.

Traveloka juga tersedia dalam bentuk aplikasi android yang bisa di download dari Playstore. Traveloka tidak cuma untuk pesan tiket pesawat, tapi bisa juga untuk pesan tiket kereta api, pesan reservasi hotel, pesan pulsa dan paket internet, dsb.

Admin tidak memliki kaitan dengan Pihak Traveloka secara langsung. Ulasan cara pesan tiket pesawat di Traveloka ini hanya sebatas contoh bagi kawan-kawan yang ingin pesan tiket pesawat. Admin memilih Traveloka karena admin sudah memiliki akun di Traveloka.

2. Selanjutnya, pilihlah kota Asal/kota keberangkatan. Lanjutkan dengan memilih kota tujuan. Untuk memilih jumlah penumpang, klik pada bidang isian jumlah penumpang. Ada 3 jenis penumpang: Dewasa, Anak, dan Bayi. Klik tombol plus (+) untuk menambahkan jumlah penumpang dan tombol minus (-) untuk mengurangi.


Untuk memilih tanggal keberangkatan dengan klik pada bidang tanggal keberangkatan. Anda akan melihat bentuk seperti kalender. Pilihlah tanggal keberangkatan. anda. Selanjutnya anda pilih kelas Penerbangan. Kelas penerbangan ada beberapa jenis : Economy, Business, First Class, dan Premium Economy. Untuk orang sekelas admin pakai kelas penerbangan Economy saja supaya dapat tiket murah.

Jika anda ingin memesan tiket untuk pulang-pergi, anda bisa klik pada opsi pulang-pergi. Admin sih belinya tiket satu arah saja. Jadi admin tidak mencentang opsi Pulang-pergi ini, admin lewati saja. Jika semua bidang sudah diisi, klik opsi Cari Tiket.

3. Daftar harga tiket pesawat. Pada halaman daftar harga ditampilkan harga tiket pesawat dari yang paling murah pada posisi teratas. Jika halaman digulir ke bawah, harga tiket semakin tinggi. Di lajur kiri, anda bisa klik detail penerbangan dan rincian harga untuk melihat data penerbangan termasuk info refund dan transit pesawat. Contohnya seperti gambar di bawah.


Klik opsi Pilih untuk memilih jadwal penerbangan yang diinginkan.

4.  Pada halaman berikutnya, isilah data pemesan dengan alamat email dan nomor handphone. Pihak Traveloka akan mengirim informasi termasuk tiket elektronik/e-tiket melalui email dan kode booking tiket pesawat ke nomor hp yang kita berikan.


5. Selanjutnya, isian data penumpang. Isilah data penumpang baik Dewasa, Anak, dan Bayi. Jika anda ingin menggunakan jasa Asuransi, klik pada opsi Asuransi Perjalanan. Sehingga harga tiket akan bertambah oleh biaya jasa asuransi. Kemudian, gulir ke bawah dan klik opsi Lanjut ke pemesanan.


Jika pada isian jumlah penumpang, anda mengisi untuk kategori penumpang Dewasa dan Anak, maka kita cuma mengisi data penumpang Dewasa dan anak. Data penumpang anak dan bayi diisi dengan data tanggal lahirnya. Isilah seluruh data penumpang sesuai kartu pengenal seperti KTP, SIM, KK, Pasport, dsb.

Penumpang pesawat Dewasa berumur di atas 12 tahun. Sedangkan penumpang pesawat Anak berumur antara 2 - 11 tahun. Penumpang di bawah umur 2 tahun termasuk Bayi. Harga tiket untuk penumpang Dewasa dan anak sama. Sedangkan harga tiket untuk Bayi lebih murah dari tiket Dewasa.

6. Tahap selanjutnya, Review pesanan tiket pesawat. Baca detail pesanan tiket pesawat mulai dari data pesawat dan transit, data penumpang, rincian harga dan info refund tiket pesawat. Jika sudah benar, klik opsi Lanjut ke pembayaran.

Pada saat proses pemesanan ke maskapai pesawat terbang, jika ada perubahan harga tiket maka kita akan menerima pemberitahuan. Contoh pemberitahuannya seperti pada gambar di bawah.


Kita bisa melanjutkan pemesanan jika setuju dengan perubahan harga. Sebaliknya, kita bisa kembali ke halaman utama untuk memilih jadwal/penerbangan lainnya dengan harga yang lain.

7. Halaman traveloka pay. Pada halaman ini ada beberapa opsi cara pembayaran tiket pesawat. Seperti transfer, kartu kredit, ATM, CIMB Clicks, BCA Clickpay, Mandiri Debit, Indomaret dan Alfamart. Klik pada opsi yang ingin digunakan. Baca petunjuk pembayaran sesuai masing-masing metode pembayaran. Admin biasanya pakai metode transfer ATM sehingga admin klik opsi ATM. Gulir layar ke bawah dan temukan opsi sesuai metode pembayaran yang digunakan. Karena admin menggunakan metode ATM maka admin klik Opsi Bayar dengan ATM.


Khusus untuk pembayaran metode Transfer memiliki waktu khusus. Metode pembayaran Transfer hanya tersedia pada pukul 01.30 - 21.00. Untuk itu, jika melakukan pemesanan tiket pesawat di luar waktu itu, kita harus memilih metode pembayaran yang lain.

8. Petunjuk Pembayaran. Pada halaman berikutnya ditampilkan petunjuk pembayaran sesuai metode pembayaran yang dipilih. Traveloka memberikan waktu 2,5 jam untuk melakukan pembayaran. Jika kita tidak melakukan pembayaran dalam jangka waktu itu maka pesanan tiket akan dibatalkan.

9. Pembayaran. Setelah melakukan pemesanan, tahap berikutnya adalah melakukan pembayaran sesuai metode pembayaran yang dipilih. Jika kita memilih metode pembayaran ATM tentu kita harus ke ATM untuk mentransfer biaya tiketnya. Beitupula dengan metode pembayaran yang lain.

10. Konfirmasi pembayaran. Pembayaran tiket pesawat sebaiknya dengan mentransfer/membayar sejumlah harga tiket yang tertera secara tepat. Sehingga pembayaran tiket bisa terdeteksi secara otomatis. Namun jika ada masalah misalnya setelah pembayaran, e-tiket lama terbit maka sebaiknya melakukan konfirmasi pembayaran. Konfirmasi pembayaran dengan menggunakan bukti transfer pembayaran tiket.

Setelah melakukan pembayaran tiket pesawat, periksa email dan atau HP. Pihak Traveloka akan mengirimkan e-tiket ke email dan kode booking pesawat ke HP. Kode booking ini bisa digunakan saat check-in di bandara. Untuk mencetak e-tiket, buka email dan download e-tiket terlebih dahulu pada lampiran email. E-tiket pun siap dicetak dan membawa kita liburan di tempat tujuan.

Begitulah informasi tentang cara pesan tiket pesawat secara online. Bila ada kekurangan, mohon simpan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

Cara pesan tiket pesawat promo secara online Cara pesan tiket pesawat promo secara online Reviewed by Super VBA on Thursday, December 14, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.