Cek Domain TLD untuk blog dan web disini

loading...
www.supervba.com
Apakah yang dimaksud dengan Domain TLD?. Bagi kalian yang masih pemula bisa jadi muncul pertanyaan seperti itu. Domain TLD artinya domain teratas (Top Level Domain) seperti .com, .id, .net, .org, dan sebagainya. Lalu apa itu Domain?. Domain tidak sama dengan URL. Domain merupakan nama unik yang digunakan untuk mengetahui alamat server komputer seperti web server atau email server di internet. Ini didentifikasi dari IP addressnya.

Untuk membedakan istilah domain dan URL kita ambil contoh menggunakan URL blog kami adalah http://www.supervba.com/. Sedangkan nama domain kami adalah supervba.com. Ekstensi .com ini merupakan salah satu contoh penggunaan domain teratas / TLD.

Bagian belakang dari domain disebut ekstensi domain. Ada banyak sekali ekstensi domain yang tersedia bahkan ekstensi tersebut bisa sesuai dengan bidang yang kita bahas di blog. Beberapa contoh ekstensi domain TLD dan penggunaannya adalah:
  • .com (comercial) digunakan untuk web komersial.
  • .edu (education) digunakan untuk dunia pendidikan.
  • .gov (government) digunakan untuk lembaga pemerintahan.
  • .mil (military) digunakan untuk kepentingan militer.
  • .org (organization) digunakan unutk organisasi atau lembaga non profit.
  • .biz digunakan untuk kepentingan bisnis.
  • .net (network) digunakan untuk organisasi jaringan.
  • .info (information) digunakan untuk berbagai macam informasi baik personal maupun lembaga.
  • .name : digunakan untuk perorangan atau pribadi.
  • .shop : digunakan untuk toko.


Cara cek Domain TLD untuk blog dan web

Nah kali ini kami ingin mengajak kalian yang ingin beralih ke domain TLD untuk melakukan pengecekan ketersediaan nama dan harga domain idaman kalian. Di sini kita akan berkunjung ke halaman Rumahweb. Rumahweb merupakan salah satu penyedia jasa pengelolaan Website. Kami sudah menggunakan jasa dari Rumahweb kurang lebih selama 2 tahun ini.

Sekarang kita akan melakukan pengecekan domain baru. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Buka halaman order Rumahweb. Kalian akan menuju salah satu halaman Rumahweb. Di halaman ini kalian bisa melakukan pengecekan domain TLD yang belum dipakai orang lain.

Pada halaman order Rumahweb ini ada 3 (tiga) tab : Daftarkan Domain Baru, Transfer Domain, dan Hosting Saja. Pastikan kalian sedang membuka tab Daftarkan Domain Baru.

Pada kotak isian, ketikkan nama domain yang kalian inginkan. Misalnya behappy. Klik tombol Search untuk memulai pengecekan domain baru.



2. Kalian perhatikan hasil pengecekan ketersediaan domain "behappy". Pada sisi kanan kalian bisa melihat ketersediaan dan harga masing-masing domain TLD. Jika statusnya Not Available maka nama domain tidak tersedia. Sebaliknya, nama domain tersedia jika ditampilkan harga domain dalam setahun.


Berikut contoh hasil pencarian untuk domain lebahkurir supaya kalian semakin jelas.


Harga domain pada Rumahweb sangat bervariasi. Ada harga mulai dari Rp 11.000 sampai di atas Rp 200.000 dalam setahun. Sebagai bahan pertimbangan pula dalam memilih domain TLD kalian terkait harga bahwa harga domain pada tahun berikutnya setelah kalian beli biasanya akan naik. Namun jangan khawatir, kenaikan harga yang pernah saya alami masih kisaran Rp. 15.000 saja per tahun. Jadi jika sekarang kalian beli harga Rp.  maka tahun berikutnya bisa jadi naik menjadi Rp.

Bagaimana, apakah kalian sudah memutuskan memilih nama domain yang mana. Temukan nama domain kalian yang paling cocok sesuai konten blog maupun jenis blog kalian (misal pribadi, organisasi, pendidikan, perusahaan, dan lain sebagainya). Untuk melakukan pemesanan domain, kalian harus menuju halaman lainnya karena pada halaman ini khusus untuk pengecekan ketersediaan domain baru saja.

Nah jika kalian membutuhkan bantuan untuk memperoleh domain TLD idaman kalian, kami siap membantu. Begitupula jika kalian membutuhkan bantuan untuk pembuatan blog dengan domain tersebut. Silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar.

Begitulah informasi cara mengecek ketersediaan nama domain TLD. Semoga informasi di atas bermanfaat. Bila ada kekurangan mohon sarannya untuk perbaikan. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

No comments: