Cara mengatasi printer error 5100 Printer PIXMA MX397

Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas tentang Cara Mengatasi Error 1003 Printer Canon MX397. Kali ini saya akan memberikan cara untuk mengatasi code error 5100 pada printer ini.

Gambar : www.printscandriver.com

Printer MX397 merupakan salah satu printer dari merk Canon. Printer ini masuk dalam jajaran Printer Pixma MX 390 series. Printer Canon tipe PIXMA yang lain seperti Canon IP 2700 dan MP 250 Series. Oleh karena itu, proses instalasi driver printer ini hampir sama dengan tipe IP 2700 dan MP 250 series. Untuk cara instalasi Printer Canon MX397, silahkan baca disini.

Printer MX397 merupakan printer multifungsi. Selain printer ini dapat digunakan untuk proses mencetak, printer ini juga dapat digunakan untuk scanning, fotocopy bahkan faximile. Printer MX397 merupakan pilihan yang tepat saat kita ingin mencetak dokumen office seperti Word, Excel, maupun Powerpoint. Printer ini memiliki sensor yang sangat sensitif. Tapi, kelebihan dari printer ini adalah bahwa pada setiap error yang terjadi, printer ini akan langsung menampilkan solusi detail yang harus kita lakukan untuk mengatasinya. Sehingga kita dapat melakukan proses pencetakan dengan lancar.

Jika Printer Canon MX397 ini mengalami Error maka itulah kesempatan saya untuk mengutak-atiknya, hehe. Salah satu error yang terjadi pada Printer Canon MX397 ini adalah error 5100.


Penyebab Printer Error 5100 Pixma MX397


Sebelum kita mengatasi support code 5100 ini, terlebih dahulu saya jelaskan penyebabnya. Printer Error 5100 pada Printer MX397 disebabkan oleh adanya kertas yang terjepit. Kertas ini bisa terjepit pada cover belakang ataupun cover depan printer.

Berikut potongan pesan yang muncul pada dekstop komputer yaitu "a printer error has occurred. Turn the printer off. Then check that there are no foreign objects in the printer and that the ink catridges are installed properly. After that, turn the printer on again". Maksudnya adalah "Sebuah error terjadi. Matikan printer. Kemudian, periksa apakah ada benda asing pada printer dan apakah katridge sudah dipasang dengan benar".

Pesan error serupa juga ditampilkan pada panel LED di Printer MX397. Pesan itu menyatakan bahwa “Printer Error Occurred. Support Code 5100”. Ya, pada kasus ini, kita sedang mengalami error 5100. Berikut gambar dari pesan Error 5100 yang ditampilkan pada dekstop komputer kita.

printer canon mx397

Mengatasi Error 5100 Printer Pixma MX397

Untuk mengatasi error 5100 pada Printer MX397 dengan memperhatikan petunjuk pemecahan yang muncul pada dekstop maupun panel printer. OK, berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi support code 5100 ini.

1. Matikan printer

Untuk menghindari kita kena setrum, printernya bisa kita matikan. Tapi jika tidak dimatikan juga tidak apa-apa. Hati-hati saja ya, hehe.

2. Keluarkan kertas yang terjepit

Kertas dapat terjepit pada cover bagian belakang maupun cover bagian depan. Untuk itu, sebaiknya kalau kita mencetak, jangan buru-buru ya, hehe. Untuk mengeluarkan kertas yang terjepit pada cover belakang, silahkan buka cover belakang dengan mengangkat sedikit printernya dan menggeser covernya sesuai arah tanda panah. Ya, perhatikan tanda panah pada penutup belakang tersebut. Kemudian tarik pelan-pelan kertasnya.

Untuk mengeluarkan kertas yang terjepit pada cover depan, silahkan tarik saja covernya seperti saat kita akan membuka katridge dari tempatnya. Kemudian tarik pelan-pelan kertasnya. Hati-hati jangan sampai sobek.

printer canon mx397


3. Mengeluarkan benda asing

Jika langkah di atas sebelumnya belum berhasil, maka silahkan buka kembali cover depan dan belakang printer. Kemudian, silahkan periksa apakah ada benda asing di dalamnya. Keluarkan benda asing tersebut jika ada. Misalnya, sebuah potongan kertas. Saya pernah menemukan bangkai hewan kecil kering pada printer.

4. Nyalakan printer

Untuk masalah katridge yang belum terpasang secara tepat belum saya alami. Ini karena langkah-langkah di atas sudah berhasil mengatasi printer error 5100. Langkah terakhirnya adalah matikan printer kemudian nyalakan kembali. Printer MX397 akan kembali normal seperti semula.

Dengan cara seperti di atas, maka kita sudah berhasil mengatasi printer error 5100 pada Printer MX397. Kita sekarang bisa melanjutkan proses pencetakan kembali. Selamat, hehe.

Begitulah cara mengatasi printer error 5100 pada Printer MX397 yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman saya. Semoga postingan kali ini bermanfaat. Ikuti informasi perkembangan blog kami melalui fanspage facebook kami di Supervba. Terima kasih untuk kunjungannya.
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

6 Komentar

  1. THANK'S FOR INFORMATION , VERY GOOD

    BalasHapus
  2. sudah dilakukan proses yang td disebutkan, dipastikan tidak ada benda asing atau kertas yang menyangkut, namun printer masih eror dgn tulisan code yang sama. ada solusi lain ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kabel printer ke tinta yang ada didalam rinter tersebut

      Hapus
  3. Thanks for your inormation. Unfortunetely I can't open the cartridge.

    BalasHapus
  4. sudah sy cek sesuai petunjuk tapi tidak ada benda kertas yg nyangkut di dalam printer, terus bagaimana?

    BalasHapus
  5. tolong dong printer saya canon mx 390 lampu alaram dan lampu pawer berkedip dan muncul Tulisan terjadi kesalahan pencetak dengan kode dukungan 5040 apa penyebab dan solusinya ?

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama